English (United Kingdom)Indonesian (Indonesia)
Kerjasama Teknik Geodesi dengan Masyarakat pada Bidang Pelatihan dan Pengabdian Masayarakat dengan Teknologi Geomatika
Ditulis oleh Administrator    Senin, 03 September 2012 10:52    PDF Cetak E-mail

Bulan Agustus - Desember 2012 ini, JTGG melaksanakan kegiatan kerjasama dengan masyarakat pada bidang pelatihan dan pengabdian masayarakat dengan teknologi geomatika. Kegiatan ini diprakarsai dan dikoordinator oleh Dr. Trias Aditya. Berikut bidang kerjasama dimaksud

1. Kerjasama AusAID AIFDR dan Teknik Geodesi dalam Pelatihan QGIS dan InaSAFE

Teknik Geodesi UGM dipercaya untuk mengelola hibah kegiatan Pelatihan QuantumGIS dan InaSAFE (piranti lunak produk BNPB-AIFDR-Bank Dunia untuk menghitung dampak bencana) dari AusAID AIFDR (Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction) di 6 Provinsi di Indonesia yang mendapatkan prioritas penganganan bencana yakni: Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, NTT, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat. Kegiatan ini telah dimulai sejak bulan Agustus 2012 dan akan berlangsung sampai dengan awal tahun 2013 meliputi kegiatan antara lain: penerjemahan manual, pengembangan dokumen InaSAFE, pelaksanaan training untuk level dasar dan menengah serta diseminasi informasi.

2. Kerjasama LPPM UGM dan Bank Dunia dalam "Technical Assistance to Local Government on Disaster Risk Management and Community-Based Settlement Rehabilitation and Reconstruction Project for Community GIS and Open Data Management in Supporting the SIAP TEPAT Program: Network of Excellence in Participatory Disaster Risk Reduction" (2012)

Dosen dan peneliti dalam Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) FT-UGM dan Teknik Geodesi UGM dibantu mahasiswa membantu Proyek JRF-REKOMPAK dari Bank Dunia dalam melakukan pengelolaan peta komunitas dan penyusunan Open data management berbasis IG (informasi geospasial) dan IDS (infrastruktur data spasial) melalui proyek kerjasama LPPM dan Bank Dunia. Fase I dari kegiatan ini berfokus pada pemanfaatan tools OSM (OpenStreetMap) sebagai wahan untuk mengintegrasikan dan mempublikasikan data komunitas terkait lingkungan sekitar pada 13 desa di Kabupaten Magelang terdampak lahar yang menjadi desa sasaran program REKOMPAK. Luaran dari kegiatan ini adalah terkonversinya peta komunitas menjadi peta/dokumen hidup (melalui OSM) yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk mendukung kemandirian masyarakat dalam mengelola dan mengembangkan informasi tentang kondisi lingkungan sekitar untuk berbagai keperluan.

3. Kerjasama BPBD Magelang dan Teknik Geodesi dalam Penyusunan SIMAK PRB (Sistem Informasi Manajemen Aksi Kolaboratif untuk Pengurangan risiko Bencana)(2012)

Teknik Geodesi UGM bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Magelang menyelenggarakan Pengembangan sistem dan pelatihan untuk mendukung kebutuhan pemangku kepentingan di Kabupate Magelang dalam melaksanakan perencanaan dan respon bencana. Diinspirasi dari SIMAK Merapi (terpilih sebagai 2011 Asian Geospatial Excellence Award in Disaster Management), Pemerintah Kabupaten Magelang bersama UGM ingin mengembangkan sistem yang dapat mewadahi kebutuhan pemasukan data, koordinasi, dan updating topik mitigasi risiko bencana, penilaiankebutuhan, respon pasca bencana, dan penialain kerusakan dan kerugian secara kolaboratif melalui portal online berbasis teknologi spasial. Kegiatan ini akan berlangsung sampai dengan Desember 2013.

Terakhir Diperbaharui ( Senin, 03 September 2012 10:59 )