English (United Kingdom)Indonesian (Indonesia)
Auliantya Ayurin Putri, Mahasiswi Geodesi UGM meraih First Winner of 2015 ESRI Young Scholar from Indonesia
Ditulis oleh Administrator    Kamis, 07 Mei 2015 09:38    PDF Cetak E-mail

Satu lagi prestasi membanggakan diraih mahasiswa S1 tingkat 3 di Teknik Geodesi, Universitas Gadjah Mada, Auliantya Ayurin Putri dalam ajang Internasional "ESRI Young Scholar 2015".

ESRI Young Scholars Award merupakan sebuah kompetisi tahunan yang di adakan oleh ESRI Inc di beberapa negara, dimana kompetisi ini ditujukan bagi mahasiswa S1 maupun S2 yang menekuni dunia geospasial dan yang berhubungan dengan informasi spasial lainnya. ESRI Young Scholar Award memberikan sebuah kesempatan bagi seorang pemenang untuk menghadiri konferensi akbar tahunan oleh ESRI Internasional (ESRI International User Conference) di San Diego, California, Amerika Serikat. Selain itu, pemenang juga berkesempatan mempresentasikan karyanya di depan Jack Dangermond (Pendiri ESRI) beserta ESRI Young Scholar dari negara lainnya.

Judul karya Ayin, sapaan Auliantya Ayurin Putri adalah "AyoLaporkan! – Protecting The Education with GIS" dengan dosen Pembimbing Dr. Heri Sutanta, M.Sc.

AyoLaporkan merupakan sebuah portal pelaporan bagi masyarakat untuk melaporkan sekolah dan akses menuju sekolah yang rusak dengan menggunakan teknologi GIS. Karya ini di buat dengan menggunakan ArcGISonline dimana selain mewadahi pelaporan masyarakat, portal juga dapat langsung dijadikan sebagai tempat di lakukannya berbagai macam query maupun analisis spasial  hanya dalam waktu yang singkat. Selain itu, segala laporan yang masuk juga dapat di monitor secara real-time baik oleh masyarakat maupun oleh pemerintah dalam bentuk plotting di atas berbagai macam peta dasar (seperti Openstreetmap maupun satellite imagery map). Dengan di manfaatkannya portal ini, diharapkan tidak hanya akan mempermudah pemerintah dalam mengambil kebijakan secara cepat dan menentukan besar kebutuhan bantuan, namun juga sebagai referensi dalam mengakses lokasi objek yang dilaporkan secara mudah dan efisien. Sehingga kemudian dapat terbentuknya percepatan dalam menciptakan pendidikan yang merata di seluruh  Indonesia.

Selamat kepada Ayin atas pretasi yang diperoleh.

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 19 Mei 2015 23:38 )