English (United Kingdom)Indonesian (Indonesia)
SHARING DIKTI “SHARING KERJA PRAKTEK”
Ditulis oleh Administrator    Sabtu, 23 Mei 2015 06:56    PDF Cetak E-mail

Kamis, 21 Mei 2015 Departemen Dikti KMTG mengadakan Sharing Dikti dengan mengundang mahasiswa yang kerja praktek untuk sharing pengalaman selama kerja praktek di instansi masing-masing. Lebih dari 75 peserta hadir dalam acara sharing ini dan berlangsung dari pukul 16.00-18.30 WIB bertempat di Ruang 3.4 Teknik Geodesi UGM.

Presentasi pertama adalah Akhla Sabila dan Dasita Meygan yang kerja praktek di BIG (Pusat Batas Wilayah) di daerah Bogor mengenai Pemetaan Batas Wilayah. Tugas mereka disana adalah mendukung data-data untuk perundingan dalam batas wilayah negara ataupun daerah. Peran Geodesi sangat diperlukan dalam berbagai bidang; menentukan titik pangkal, menentukan datum dan koordinat transformasi yang digunakan, serta survey dan pemetaan. Presentasi kedua adalah Irfan Ammar dan Muh. Hardien yang melaksanakan KP di BIG (Pusat Tata Ruang). Kegiatan selama di KP adalah melakukan kontrol kualitas peta, menentukan kaidah tata ruang, melakukan ortorektifikas dan menghitung GCP. Presentasi ketiga adalah Saiful Annas, Advent Cahya dan Imron Syaifullah Ahmad yang kerja praktek di PT.Pageo yang merupakan kontraktor PT.Total. Tugas surveyor menurut mereka adalah positioning, kalibrasi alat-alat hidrografi serta pengolahan data hidrografi. Hasil dari kerja praktek ini adalah peta batimetri di wilayah bangka belitung.

Presentasi keempat adalah Hesti Nur dan Hamari Sikyarto yang melaksanakan KP di Barata Global Technology yang bertempat di kota Bandung. Instansi ini merupakan rekanan kerja BIG untuk mengerjakan peta rupa bumi dengan spesialisasi foto udara. Pengolahan data foto dilakukan menggunakan software Inpho dan Summit Evolution. Presentasi kelima adalah Aldila Desy, Maritsa Faridatun dan Diyah Nova di BIG (Pusat Jaring kontrol Geodesi dan Geodinamika). Tugas mereka adalah melakukan pengecekan alat pengukur data pasut, pembenahan pasut dan levelling, mengecek apakah tempatnya tepat vertikal dan validasi data pasang surut. Presentasi keenam adalah Syafrizal Putra dan Riki Nursetiyadi yang melaksanakan KP di PT.Kaltim Prima Coal. PT KPC adalah owner yang bergerak perusahaan yang berbeda dibidang energy batubara. Peran Geodesi mengontrol kontraktor dari PT KPC sendiri, mengeksplorasi yaitu mencari letak sumber cadangan batubara, melakukan stake out di lapangan, civil dan monitoring.

Presentasi ketujuh adalah Endy Prasetyo, Lidya Antika dan Shafira yang kerja praktek di BIG (Pusat Pemetaan Rupa Bumi dan Toponim) di Cibinong. Peran Geodesi adalah dalam hal penyediaan peta rupa bumi,  pemetaan peta rupa bumi skala 1:1000 dengan data foto udara. Presentasi kedelapan adalah Banu Tri dan Angga Vergianto di PT.Lidar Indonesia yang melaksanakan 3 kegiatan; pengambilan data dengan alat terestrial laser Scanner, registrasi dan pemodelan data 3D. Presentasi kesembilan adalah Adib Muhammad dan Muhammad Afzal yang berkesempatan kerja praktek di PT. Total EP melakukan positioning, Survey Batimetri, Anchor Positioning, Topografi dan levelling survey. Menurut Afzal, pengalaman yang didapat sangat banyak : pengetahuan tentang perusahan gas dan minyak, pengalaman survey hidrografi, pengolahan data dan kegiatan survey lainnya.

 

Presentasi terakhir adalah Syahrial, Made Ngurah, Yusva, Reza Aariesta dan Wildan Wahyu yang melaksanakan KP di PT. ASI Pudjiastuti Geosurvey (Jakarta). Inilah kesepuluh judul KP yang dipresentasikan didepan mahasiiswa T.Geodesi. Kegiatan ini adalah kegiatan pertama kali diadakan oleh Jurusan T Geodesi dengan maksud untuk  memberikan pengalaman dan wawasan bagi adik –adik mahasiswa Geodesi.

 

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 10 Desember 2015 22:31 )