English (United Kingdom)Indonesian (Indonesia)
Kuliah Umum: Geodesi Untuk Navigasi Penerbangan
Ditulis oleh Administrator    Selasa, 17 Mei 2016 20:57    PDF Cetak E-mail

kuliah-umum-novie-riyanto

Yogyakarta, 10 Mei 2016. Departemen Teknik Geodesi Fakultas Teknik UGM menyelenggarakan kuliah tamu yang diisi oleh Bapak Ir. Novie Riyanto, Direktur Navigasi Penerbangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI. Beliau adalah alumni Teknik Geodesi FT UGM angkatan tahun 1985. Kuliah tamu kali ini merupakan program rutin dari Keluarga Alumni Teknik Geodesi (KATDESI) UGM dalam rangka program alumni back to campus yang akan diselenggarakan setiap bulan. Program alumni back to campus bertujuan untuk membangun sinergi antara kampus (mahasiswa dan dosen) serta alumni yang tersebar dan bekerja diberbagai institusi. Adanya kuliah tamu diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa terhadap bidang ilmu yang mereka tekuni dan memberikan pengertian kepada mahasiswa mengenai apa saja yang dapat mereka lakukan di masa mendatang dengan ilmu yang dimiliki. Selain itu juga untuk memberikan pendalaman wawasan dibidang geodesi dan geomatika sebagai ilmu yang dapat diterapkan pada berbagai bidang profesi yang berhubungan dengan informasi geospasial.

 

Ir. Novie membahas mengenai peran ilmu Geodesi untuk pengelolaan navigasi penerbangan di Indonesia. Geodesi sebagai bidang ilmu yang mempelajari mengenai pengukuran dan pemetaan muka bumi ternyata memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia penerbangan. Sebagai contoh, dalam navigasi penerbangan pesawat udara dikenal istilah Air Traffic Service (ATS) yang memandu navigasi pesawat selama dalam penerbangan dengan menggunakan prinsip-prinsip penentuan posisi yang dikenal dalam Geodesi. Penggunaan peralatan navigasi pesawat seperti DVOR/DME (Doppler Very High Frequency Omnidirectional Range/Distance Measuring Equipment), NDB (Non-Directional Radio Beacon), dan ILS (Instrument Landing System) menunjukkan peranan yang tidak dapat dipisahkan dari ilmu geodesi. Perkembangan teknologi juga memungkinkan navigasi penerbangan dilakukan dengan sistem penentuan posisi berbasis satelit (Performance Based Navigation). Survey lapangan juga memiliki peranan vital dalam kontrol kualitas koordinat navigasi penerbangan, misalnya untuk survey ARP (Airport Reference Point) dan survey halangan (obstacle).

kuliah-umum-novie-riyanto


Kuliah umum yang diselenggarakan di Ruang Kuliah III.4 ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa teknik geodesi dari berbagai angkatan. Sesi pemaparan dan tanya jawab antara Ir. Novie dan mahasiswa  berlangsung hingga menjelang sore hari. Mahasiswa yang hadir tampak berminat mengikuti pemaparan yang disampaikan oleh Ir. Novie. Sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa menunjukkan minat mereka yang tinggi untuk mengetahui mengenai penerapan bidang ilmu geodesi yang selama ini mereka pelajari di kuliah untuk diterapkan dalam bidang navigasi penerbangan, khususnya di Indonesia.

 

 

Terakhir Diperbaharui ( Sabtu, 28 Mei 2016 14:19 )