English (United Kingdom)Indonesian (Indonesia)
Profil Laboratorium Survei Pemetaan
Ditulis oleh Administrator    Selasa, 21 Juni 2011 20:26    PDF Cetak E-mail


 

 

Laboratorium ini merupakan laboratorium tertua di jurusan Teknik Geodasi FT-UGM, yang didirikan sejak tahun 1959. Laboratorium yang terletak di bagian Timur-utara lantai 1 Gedung Jurusan teknik Geodasi ini, lebih difungsikan untuk ruang pelayanan, penyimpanan peralatan, ruang p[erbaikan, dan kalibrasi, serta ruang komputasi dan diskusi saja, sedangkan untuk aktifitas dan kegiatan praktikum diselenggrakan di lapangan. Kegiatan utama dari laboratorium ini adalah untuk mendukung kelancaran proses belajar-mengajar, penelitian, pengabdian pada masyarakat, pelatihan, serta konsultas dan kalibrasi.

Dalam rangka pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, selain untuk kegiatan pembelajaran (praktikum) dan penelitian, laboratorium ini juga selalu rutin menyelenggrakan pengabdian pada masyarakat. Untuk menunjang semua kegiatan tersebut, maka laboratorium ini dilengkapi dengan beberapa peralatan yang mendukung.

· Aktivitas

1. Praktikum

Kegiatan laboratorium ini terutama untuk melayani praktikum beberapa mata kuliah yang ada di Jurusan Teknik Geodasi serta Program Studi Teknik Geomatika SV-UGM yang meliputi matakuliah berikut : ukur Tanah, Pemetaan Digital, Survei Rekayasa, Survei Rute, Survei Kadastral dan Kemah kerja. Disamping itu laboratorium ini juga melayani praktikum Ukur Tanah (atau yang sejenisnya) bagi mahasiswa dari berbagai kurusan baik yang ada di lingkungan Universitas Gadjah Mada, maupun dari luar UGM yaitu : Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan FT-UGM, Jurusan Geofisika FMIPA-UGM, dan para Taruna dari Akademi Militer. Berbagai kegiatan pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga dilakukan oleh laboratorium ini.

2. Riset

Laboratorium merupakan tulang punggung dan ujung tombak Universitas dalam rangka peningkatan mutu akademiknya. Dalam rangka mendukung peningkatan mutu akedemik tersebut, maka laboratorium mengusahakan berbagai aktifitas, salah satunya adalah penelitian (riset). Berbagai penelitian terakhir yang telah dikerjakan pada laboratorium ini di antara lain adalah sebagai berikut :

a. Pemetaan topograsi skala besar untuk penyiapan sumur-sumur pemboran di PT Pertamina DOH Sumatera Bagian Selatan (Prabumulih)

b. Pengukuran dalam rangka evaluasi kemiringan bangunan akibat Gempa Jogja 27 Mei 2006

c. Penentuan standarisasi dan spesifikasi teknis survey pemetaan teristris untuk PT Pertamina.

d. Pola penyimpangan Antara Beda Tinggi Hasil Ukuran Metode Trigonometris dan Sipat Datar

e. Evaluasi pergerakan tubuh bendungan Sermo, berdasarkan data hasil pengukuran metode terrestris menggunakan alat Total Station.

3. Potensi Kegiatan Yang Dapat Dilaksanankan

Peningkatan mutu akademik UGM (pada umumnya) dan Jurusan Teknik Geologi FT-UGM (pada khususnya) perlu didukung oleh segenap civitas akademik dan institusi yang ada dibawahnya,salah satunya adalah laboratorium Ukur Tanah ini. Berbagai kegeiatan telah dilakasanakan dan sangat berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut dalam rangka peningkatan akademik, serta pencitraan baik dan desiminasi Ilmu Kegeodesian Secara Umum kegiatan tersebut berupa pelatihan (training dan worshop), pengabdian pada masyarakat dan perbaikan & kalibrasi peralatan.

- Pelatihan

a. Pelatihan kalibrasi peralatan terestris untuk Laboran Program Studi Teknik Geodesi FTSP-ITS.

b. Pelatihan penggunaan Terresterial Laser Scanner untuk alumni baru dan mahasiswa Teknik Geodesi FT-UGM oleh PT. ASABA surveying division.

c. Pelatihan Penggunaan Total Station untuk surveyor PT. Jelajah Survei Konsultan dan Mahasiswa Jurusan Teknik Geodesi FT-UGM (rutin di setiap tahun).

d. Training Geodetic Competency Level 1&2, untuk para Surveyor di lingkungan PT Pamapersada Nusantara (rutin di setiap tahun).

- Pengabdian Pada Masyarakat

a. Pemetaan Situasi di Kecamatan Sedayu untuk kepentingan Renovasi Saluran Air.

b. Pemetaan di Kecamatan Kretek untuk Renovasi Jembatan.

c. Pemetaan rencana Kawasan Bumi Perkemahan ndi Kecamatan Piyungan, Bantul, DI. Yogyakarta.

d. Pemetaan Potensi Tambang Batu Putih di Dusun Ngelosari Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan, Bantul, DI. Yogyakarta.

e. Pemetaan Tanah Kas Desa dalam rangka perencanaan Pembangunan Pasar Desa Pengasih, Kulon Progo, DI. Yogyakarta.

f. Reisi Peta Desa berdasarkan Peta Topografi Tahun 1942 Wilayah Desa Pengasih, Kulon Progo, DI. Yogyakarta.

g. Pemetaan Skala Besar dalam rangka pembuatan Shelter pengungsian sementara korban Lelusan Gung Merapi, di Kecamatan Cangkringan, Sleman, DI. Yogyakarata.

- Konsultasi dan Kerjasama

- Perbaikan dan Kalibrasi

Fasilitas dan Peralatan Utama

Peralatan yang ada pada laboratorium ini sangat variatif, baik yang merupakan alat sangat lama (diciptakan awal tahun 1900an) sampai dengan alat yang terkini dan modern dari berbagi type dan Merk. Beberapa jenis peralatan yang tersedia dan siap digunakan adalah sebagai berikut :

a. Theodolite

b. Digital Theodolit

c. Penyipat datar (waterpass)

d. Plane-table

e. STM

f. Pita ukur (meteran)

g. Altimeter

h. Barometer

i. Electronic Distence Meter (EDM),

j. Total Station (TS), dan

k. Computer

Sedangakan fasilitas yang tersedia adalah sebagai berikut (semua ruangan sudah dilengkapi dengan AC, kecuali untuk pelayanan peminjaman) :

a. Rungan diskusi dan ruang komputasi

b. Ruang pelayanan peminjaman

c. Ruang perbaikan peralatan

d. Ruang penyimpanan.

Terakhir Diperbaharui ( Senin, 27 Februari 2017 15:21 )