English (United Kingdom)Indonesian (Indonesia)
Sejarah Geodesi
Ditulis oleh Administrator    Rabu, 06 Juli 2011 01:19    PDF Cetak E-mail

 

TEKNIK GEODESI UGM: Jurusan Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu dari delapan Jurusan yang ada di lingkungan Fakultas Teknik UGM. Pada awal berdirinya yaitu pada bulan Agustus tahun 1959 masih merupakan program studi gabungan dengan program studi Teknik Geologi yang bernama Bagian Teknik Geodesi dan Geologi. Pada tahun 1962, berdasar UU No. 22 Tahun 1961, Bagian Teknik Geodesi dan Geologi dipecah menjadi dua bagian yaitu Bagian Teknik Geodesi dan Bagian Teknik Geologi yang masing-masing berdiri sendiri-sendiri. Pada tahun 1980, berdasar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0214/U/1979, Bagian Teknik Geodesi berubah menjadi Jurusan Teknik Geodesi dengan memberlakukan kurikulum baru 1980 yang untuk pertama kalinya menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS).

Mulai tahun 1994, Jurusan Teknik Geodesi menempati Kampus baru berlantai 3 seluas 4.237 m2 di Kompleks Fakultas Teknik UGM Jl. Grafika No 2, Yogyakarta. Jurusan Teknik Geodesi Fakultas Teknik UGM saat ini memiliki staf dosen sebanyak 35 orang, dengan rincian 11 orang Doktor (S3) dan 28 orang Master (S2). Saat ini 8 orang sedang mengikuti program Doktor dengan rincian 2 orang di Australia,  1 orang di Malaysia, dan 5 orang di UGM.

ORGANISASI JURUSAN:

Struktur kepengurusan Jurusan Teknik Geodesi FT-UGM saat ini terdiri atas; Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan tiga Pembantu Pengurus Jurusan (PPJ) yaitu PPJ I Bidang Akademik, Penelitian dan Alumni, PPJ II Bidang Administrasi, Keuangan dan SDM, PPJ III Kemahasiswaan, Bidang Sarana Prasarana dan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Program Studi Diploma 3 dan S2 masih menginduk kepada Struktur Organisasi Jurusan karena secara organisasi masih berada di bawah Jurusan Teknik Geodesi FT UGM. Untuk operasional organisasi, masing-masing Program Studi tersebut memiliki Ketua dan Sekretaris Program/Pengelola tersendiri.