English (United Kingdom)Indonesian (Indonesia)
Visi Misi & Tujuan
Ditulis oleh Administrator    Senin, 07 Oktober 2013 07:05    PDF Cetak E-mail

Visi

Menjadi program studi strata satu berbasis riset yang handal, unggul dan mendapat pengakuan internasional di bidang Teknik Geodesi dan Geomatika, menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional, berintegritas tinggi, berbudaya, beretika, bermoral, dan berorientasi kepada kepentingan masyarakat berdasarkan Pancasila.


Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan yang efisien, efektif, produktif dan memuaskan pada level strata satu di bidang Teknik Geodesi dan Geomatika guna mendukung kemajuan bangsa dan pengembangan masyarakat,

2. Menyelenggarakan penelitian dan mendayagunakan hasil-hasil temuan ilmiah dalam kerangka pengembangan ilmu pengetahuan dan penerapannya untuk kemanusiaan,

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,

4. Berkiprah aktif dalam penyelesaian masalah pada tataran nasional dan internasional serta menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan lembaga–lembaga di dalam dan luar negeri melalui kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

 

Tujuan

Dengan visi dan misi tersebut di atas maka tujuan program studi pada bidang pendidikan adalah menghasilkan lulusan sarjana strata satu Teknik Geodesi yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

1. Paham secara komprehensif teori dasar geodesi dan geomatika, mampu menyelesaikan masalah-masalah terkait dengan pengukuran, pengolahan dan penyajian data geospasial dengan menggunakan alat dan teknologi survei modern.

2. Terampil melaksanakan pekerjaan teknik geodesi dan geomatika sesuai standar kompetensi lulusan yang ditentukan dan persyaratan pekerjaan yang ditetapkan khususnya pada bidang survei rekayasa/kadaster, batas wilayah, administrasi pertanahan dan aplikasi geoinformatika serta mampu mengembangkan ketrampilannya mengikuti perkembangan iptek.

3. Berorientasi pada kepentingan masyarakat dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika profesi ( profesional dan berintegritas tinggi).

4. Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak di masyarakat dalam rangka meningkatkan peran dan kiprahnya di bidang teknik geodesi dan geomatika.

5. Mandiri dan siap melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.

 

Adapun tujuan Teknik Geodesi dalam bidang penelitian adalah:

1. Menghasilkan karya tulis dan produk penelitian berupa pengembangan teori atau pun aplikasi pada bidang ilmu Teknik Geodesi dan Geomatika pada level lokal, nasional, dan global.

2. Menerapkan hasil dan produk penelitian terkait kompetensi di bidang survei rekayasa/kadaster, perbatasan wilayah, geoinformatika terapan, dan administrasi pertanahan dalam kerangka pengembangan ilmu pengetahuan dan penerapannya untuk kemanusiaan.

3. Menjalin jejaring kerjasama penelitian dengan mitra perguruan tinggi sejenis dari dalam maupun luar negeri atau dengan lembaga internasional dalam mengembangkan dan menerapkan hasil penelitian.


Adapun tujuan dalam bidang pengabdian masyarakat adalah:

1. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

2. Berkiprah aktif dalam penyelesaian masalah pada tataran nasional dan internasional melalui kolaborasi dan kerjasama dengan lembaga dan institusi pada level lokal, nasional, dan global.


 

Terakhir Diperbaharui ( Senin, 07 Oktober 2013 09:01 )