Menguji Keefektifan LiDAR (UAV) dan Alat Pencitraan dalam Konstruksi Pipa

Nusa Dua, Bali – Dalam upaya untuk terus meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pemetaan pipa dalam tanah, Nurrohmat Widjajanti dan Febrian Fitryanik Susanta dari Universitas Gadjah Mada (UGM), bersama dengan PT. TERRA DATA PERSADA dan PT. GEO DIPA ENERGI UNIT 1 Dieng, berkolaborasi dalam proyek “LiDAR (UAV) and Imaging Tool Testing for Pipeline Construction.” Presentasi ini telah dibawakan pada acara Geomatics Community of Practice yang diadakan oleh Energy Operating Companies and Services, Indonesia-Malaysia Chapter.

Proyek ini mencoba mengatasi sejumlah kendala dan tantangan dalam pemetaan pipa bawah tanah, yang meliputi:

  1. Ketidaktersediaan Dokumen Pendukung: Sebagian besar pipa dalam tanah tidak memiliki dokumentasi kertas atau digital yang memadai, yang membuat manajemen operasi sulit.
  2. Pembenahan Aset yang Sudah Tua: Pipa yang sudah ada sejak lama memerlukan pemeliharaan dan pembenahan agar tetap berfungsi dengan baik.
  3. Masalah Teknis dan Sosial: Tantangan teknis dan dampak sosial dapat mengganggu fungsi dan keberlanjutan operasi pipa.
  4. Kepekaan Sosial: Kehadiran perusahaan dan rencana pengembangannya bisa menjadi kontroversi di masyarakat.

Untuk mengatasi tantangan ini, proyek ini memanfaatkan teknologi sebagai solusi. Di antara teknologi yang diuji adalah LiDAR (UAV), Ground Penetrating Radar (GPR), Imaging View, dan pemindaian laser terrestrial (TLS). LiDAR (UAV) memungkinkan akuisisi data serentak dalam bentuk titik awan yang mencakup tanah, jaringan pipa, pipa penyangga, dan semua objek di sepanjang Right of Way (RoW). Hasil dari teknologi ini mencakup peta topografi, panjang & penampang melintang, dan model 3D pipa. Sedangkan, Ground Penetrating Radar (GPR) digunakan untuk menentukan posisi, kedalaman, dan dimensi pipa bawah tanah, mengisi segmen pipa bawah tanah, dengan penetrasi maksimum hingga 50 meter. Kemudian Imaging View, mirip dengan Google Street View, memungkinkan pengukuran dimensi objek yang langsung diintegrasikan ke dalam basis data GIS. Peralatan pencitraan dapat ditempatkan di berbagai kendaraan atau dipegang oleh tangan tergantung pada medan. Terakhir yaitu Pemindaian laser terestrial (TLS) yang digunakan untuk pemodelan pipa 3D tanpa perlu kontak langsung dengan pipa berbahaya. Hasilnya termasuk model pipa 3D dan manajemen aset sistem informasi.

Proyek ini menawarkan pendekatan yang komprehensif untuk pemetaan pipa dalam tanah dengan memanfaatkan keuntungan teknologi UAV, GPR, imaging, dan pemindaian laser terrestrial. Dengan kerja sama yang kuat antara akademisi dan perusahaan, diharapkan perbaikan yang signifikan dalam efisiensi dan ketepatan dalam konstruksi dan pemeliharaan pipa.