Kuliah Umum Opening New Academic Year 2024 “Menjadi Pembelajar yang Tangguh dalam Menyongsong Era VUCA”

Gambar 1. Foto Bersama dengan Dr. Suparno
Yogyakarta, 31 Agustus 2024 – Dalam menyambut semester akademik baru, Departemen Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan kuliah umum untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kepada mahasiswa baru. Acara ini ditujukan kepada mahasiswa angkatan 2024 yang dihadiri oleh 143 peserta di Departemen Teknik Geodesi, dengan rincian 125 mahasiswa jenjang Sarjana dan 18 mahasiswa jenjang Magister. Kuliah umum ini menghadirkan pembicara, Dr. Suparno, S.T., M.M., selaku Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Beliau berbagi pengalaman serta motivasi kepada para mahasiswa baru dengan latar belakangnya yang luas dalam bidang perpajakan dan kebijakan publik. Dr. Suparno membawa perspektif yang unik dan mendalam, memberikan motivasi serta wawasan yang relevan bagi para mahasiswa baru dalam menghadapi tantangan akademik dan profesional di masa depan. 

Bertempat di Ruang III.4, Departemen Teknik Geodesi FT UGM, acara ini berlangsung pada Sabtu, 31 Agustus 2024, pukul 09.00 – 11.00 WIB. Kuliah umum dibuka oleh Sekretaris Departemen Teknik Geodesi, Dr.Eng. Ir. Purnama Budi Santosa, ST, M.App.Sc., IPM. Acara ini diharapkan menjadi langkah awal yang inspiratif bagi para mahasiswa dalam menapaki tahun-tahun perkuliahan mereka.

Gambar 2. Dr. Suparno antusias memberikan kuliah umum kepada mahasiswa
Gambar 3. Dr. Suparno memberikan materi tentang hal hal yang penting untuk anak muda

Dengan tema “Menjadi Pembelajar yang Tangguh dalam Menyongsong Era VUCA”, Dr. Suparno mengupas konsep VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) yang menjadi tantangan besar dalam kepemimpinan di era modern ini. Beliau menekankan pentingnya menjadi pembelajar yang tangguh dan adaptif dalam menghadapi perubahan yang cepat dan penuh ketidakpastian. Dr. Suparno menjabarkan terkait ”Ngelmu” dalam artian mahasiswa harus menjadi pribadi yang senang dan senantiasa mencari ilmu. Selain itu, Dr. Suparno juga memberikan motivasi kepada mahasiswa baru agar tetap semangat dalam menjalani perkuliahan dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan akademik. Pengalaman pribadi beliau selama masa kuliah, dari perkuliahan hingga menyusun skripsi, juga dibagikan sebagai inspirasi bagi para mahasiswa baru. 

Mahasiswa baru Teknik Geodesi menunjukkan semangat ketika mengikuti kuliah umum, ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi menarik yang dilontarkan oleh mahasiswa baru kepada Dr. Suparno. Kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan bekal yang berharga bagi para mahasiswa baru Teknik Geodesi UGM dalam menjalani kehidupan akademik mereka dengan penuh semangat dan kesiapan menghadapi era VUCA. Acara kuliah umum kemudian diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan oleh Departemen Teknik Geodesi kepada Dr. Suparno, dan dilanjutkan penyerahan bantuan dana untuk kegiatan Keluarga Mahasiswa Teknik Geodesi (KMTG), dan diakhiri dengan makan siang bersama seluruh peserta yang disponsori sepenuhnya oleh Dr. Suparno.

Gambar 4. Dr. Suparno memberikan dana bantuan kepada KMTG