Pengukuran kepuasan pengguna yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dilakukan melalui pendekatan survei menggunakan kuesioner yang diedarkan setiap tahun. Data hasil survei dianalisis melalui pendekatan deskriptif kuantitatif dalam bentuk histogram. Kuesioner berisikan evaluasi kepuasan dari Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, Alumni, Mitra, dan User.
Program Sarjana Program Studi Teknik Geodesi (PSPSTG)
Survei kepuasan dan Tracer Study PSPSTG dilaksanakan pada TS 2022 – 2023.
Survei kepuasan PSPSTG:
- Kepuasan layanan manajemen oleh seluruh pengampu kepentingan
Hasil survei selama 3 tahun terakhir menunjukan tingkat pemenuhan tertinggi (sangat puas) sekitar 70%. Tidak terdapat penilaian tidak puas, hanya terdapat penilaian cukup puas pada point pertanyaan b (Masukan kepada pimpinan), h (komitmen pimpinan) dan n (kepemimpinan). Telah dilakukan tindak lanjut perbaikan sistem komunikasi dan kepemimpinan, sehingga pada TS sudah tidak ada penilaian cukup puas untuk semua aspek pertanyaan kepemimpinan dan pengelolaan.
Keterangan:
a | Pimpinan prodi transparan dalam pendistribusian pengampu mata kuliah dan pembimbing akademik sesuai kompetensi |
b | Pimpinan departemen dan prodi selalu memberikan jaminan atas penyampaian kritik, saran, dan keluhan secara bebas dan mandiri |
c | Pimpinan departemen dan prodi melakukan transparansi pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian |
d | Pimpinan departemen dan prodi melakukan transparansi pengelolaan anggaran dan sarana prasarana |
e | Pimpinan departemen selalu melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pengelolaan tridarma melalui rapat rutin /laporan kinerja periodik |
f | Pimpinan prodi selalu melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pengelolaan pendidikan (perkuliahan dan asesmen) melalui rapat rutin/laporan kinerja periodic |
g | Pimpinan departemen telah menyampaikan secara jelas tupoksi masing masing Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di bawahnya |
h | Pimpinan departemen dan prodi konsisten dan menjalankan komitmen dalam penegakan aturan/keputusan program kerja |
i | Pimpinan departemen melaksanakan pembagian tugas dosen dan tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja dan kompetensi |
j | Pimpinan departemen memberikan dukungan untuk mengikuti Studi lanjut/sertifikasi profesi/seminar/workshop/kursus terkait tupoksi dosen dan tenaga kependidikan |
k | Pimpinan departemen dan prodi memiliki dan menjalankan sistem pembinaan SDM melalui penghargaan dan sanksi sesuai kinerja |
l | Pimpinan departemen dan prodi menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta luar negeri |
m | Pimpinan departemen dan prodi menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta nasional |
n | Pimpinan departemen dan prodi aktif/memimpin organisasi di luar UGM |
o | Pimpinan departemen dan prodi selalu merencanakan kegiatan berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Induk Kampus (RIK) |
p | Pimpinan departemen dan prodi selalu melakukan koordinasi dan kerjasama dengan seluruh sivitas akademik |
q | Pimpinan departemen dan prodi selalu menempatkan SDM nya berdasarkan kompetensi/keahliannya, kinerja dan pendidikan |
r | Pimpinan departemen selalu mengarahkan dan memfasilitasi dosen untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian |
s | Pimpinan prodi selalu mengarahkan dan memfasilitasi dosen untuk melakukan kegiatan pendidikan |
t | Kerjasama program studi bermanfaat dalam pemenuhan proses tridarma |
u | Kerjasama program studi bermanfaat dalam peningkatan proses tridarma |
- Pengelolaan dan pengembangan SDM
Hasil survei selama 3 tahun terakhir menunjukan tingkat pemenuhan tertinggi (sangat puas) sekitar 60%. Tidak terdapat penilaian tidak puas, hanya terdapat penilaian cukup puas pada point pertanyaan a (jumlah dosen), b (pendidikan dosen), j (pengembangan karier), m (beban kerja tendik) dan n (kinerja tendik). Telah dilakukan tindak lanjut perbaikan pengembangan karier dan beban kerja tendik, sehingga pada TS sudah tidak ada penilaian cukup puas untuk semua aspek pertanyaan pengelolaan sumber daya manusia.
Keterangan:
a | Ketersediaan jumlah dosen di program studi |
b | Jenjang dan bidang pendidikan dosen sesuai untuk pengembangan Departemen dan prodi studi |
c | Jenjang akademik dosen sesuai untuk pengembangan Departemen dan prodi studi |
d | Kompetensi pedagogik dosen sesuai untuk melaksanakan dan mengembangkan kegiatan pembelajaran studi |
e | Kompetensi dosen melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai prioritas riset UGM studi |
f | Beban kerja dosen sesuai dengan standar |
g | Kepakaran dosen diakui tingkat nasional/internasional studi |
h | Kinerja dan prestasi dosen bidang pendidikan studi |
i | Kinerja dan prestasi dosen dalam bidang penelitian dan pengabdian studi |
j | Sistem pengembangan jenjang karier dan kompetensi dosen studi |
k | Ketersediaan jumlah tendik di departemen/prodi |
l | Kompetensi tendik sesuai untuk mendukung kegiatan tridarma |
m | Beban kerja tendik sesuai standar |
n | Kinerja tendik dalam mendukung kegiatan tridarma |
o | Sistem pengembangan jenjang karier dan kompetensi tendik |
- Layanan keuangan dan fasilitas

Keterangan:
a | Pemenuhan biaya operasional pendidikan |
b | Pemenuhan biaya penelitian dan pengabdian |
c | Realisasi investasi (SDM, sarana dan prasarana) mendukung penyelenggaraan tridharma |
d | Sarana dan prasarana tersedia cukup untuk menjamin pelaksanaan pembelajaran sesuai outcome dan meningkatkan suasana akademik |
e | Sarana dan prasarana terpelihara dan terkini sesuai dengan perkembangan industri geospasial |
f | Sarana prasarana mudah di akses untuk pelaksanaan pembelajaran, penelitian dan pengabdian |
- Layanan pendidikan
Hasil survei selama 3 tahun terakhir menunjukan tingkat pemenuhan tertinggi (sangat puas) sekitar 75%. Tidak terdapat penilaian tidak puas, hanya terdapat penilaian cukup puas pada point pertanyaan a (keterlibatan stakeholder dalam kurikulum), d (karakteristik pembelajaran), g (proses pembelajaran). Telah dilakukan tindak lanjut perbaikan keterlibatan stakeholder dalam pengembangan kurikulum dengan kegiatan rutin advisory board, kriteria dan metode/proses pembelajaran disesuaikan dengan CPL, sehingga pada TS sudah tidak ada penilaian cukup puas untuk semua aspek pertanyaan layanan pendidikan.
Keterangan:
a | Perumusan kurikulum melibatkan seluruh pengampu kepentingan internal (dosen, mahasiswa, tendik) dan eksternal (alumni, user, asosiasi) |
b | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) prodi sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDIKTI) serta kebutuhan industri dan masyarakat |
c | Struktur dan konten kurikulum sesuai dengan CPL |
d | Karakteristik proses pembelajaran 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
e | Semua Mata Kuliah (MK) dilengkapi dengan Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) |
f | Kedalaman dan keluasan RPKPS sesuai dengan CPL |
g | Proses pembelajaran melalui interaksi dosen, mahasiswa dan sumber belajar secara daring dan luring |
h | Proses pembelajaran dimonitor secara periodik, sesuai RPKPS dan terdokumentasi |
i | Metoda pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sesuai dengan rencana, pelaksanaan, hasil dan analisis penelitian |
j | Metoda pembelajaran sesuai dengan outcome/CPL |
k | Pelaksanaan pembelajaran diintegrasikan dengan PPkM |
l | Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran untuk mencapai CPL meliputi karakteristik, perencanaan, pelaksanaan, proses pembelajaran dan beban belajar mahasiswa |
m | Program studi memiliki mekanisme dan perangkat penilaian rencana dan pelaksanaan serta evaluasi penelitian secara konsisten untuk menemukan/mengembangkan teori atau konsepsi/gagasan ilmiah baru |
- Layanan penelitian
Hasil survei selama 3 tahun terakhir menunjukan tingkat pemenuhan tertinggi (sangat puas) sekitar 80%. Terdapat penilaian cukup puas pada point pertanyaan b (keterlibatan mhs dalam penelitian) dan c (sitasi). Telah dilakukan tindak lanjut perbaikan pengelolaan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian persyaratan penerimaan proposal, sehingga pada TS sudah tidak ada penilaian cukup puas untuk semua aspek pertanyaan layanan penelitian.
Keterangan:
a | Departemen melakukan relevansi penelitian meliputi 1) peta jalan penelitian, 2) implementasi penelitian dosen dan mahasiswa sesuai peta jalan, 3) evaluasi berkala pelaksanaan dan hasil penelitian, 4) tindak lanjut hasil evaluasi dan peningkatan mutu penelitian |
b | Mahasiswa terlibat dalam penelitian dosen |
c | Hasil penelitian dosen menjadi rujukkan penelitian mahasiwa |
- Layanan pengabdian masyarakat
Hasil survei selama 3 tahun terakhir menunjukan tingkat pemenuhan tertinggi (sangat puas) sekitar 70%. Tidak terdapat penilaian kurang puas, hanya terdapat penilaian cukup puas pada point pertanyaan b (keterlibatan mahasiswa dalam PkM), c (PkM untuk materi pembelajaran), dan e (dampak ke masyarakat). Telah dilakukan tindak lanjut perbaikan pengelolaan pengabdian kepada masyarakat, sehingga pada TS sudah tidak ada penilaian cukup puas untuk semua aspek pertanyaan layanan pengabdian masyarakat.
Keterangan:
a | Departemen melakukan relevansi pengabdian meliputi 1) peta jalan pengabdian, 2) implementasi peengabdian dosen dan mahasiswa sesuai peta jalan, 3) evaluasi berkala pelaksanaan dan hasil pengabdian, 4) tindak lanjut hasil evaluasi dan peninkatan mutu pengabdian |
b | Dosen melibatkan mahasiwa dalam melaksanakan pengabdian |
c | Hasil pengabdian dosen memperkaya pembelajaran dan penelitian mahasiwa |
d | Pengabdian masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat |
e | Pengabdian masyarakat memberikan dampak positif peningkatan masyarakat |
- Kepuasan kinerja lulusan
Hasil survei selama 3 tahun terakhir menunjukan tingkat pemenuhan tertinggi (sangat puas) rerata sekitar 75%. Terdapat penilaian cukup puas pada point pertanyaan f (fasilitasi pembelajaran), s (kapasitas DTGd ), dan v (aspirasi pemangku kepentingan) dan w (jaminan keberlanjutan). Telah dilakukan tindak lanjut perbaikan pengelolaan yang berdampak pada lulusan, sehingga pada TS sudah tidak ada penilaian cukup puas untuk semua aspek pertanyaan kepuasan kinerja lulusan.
Keterangan:
a | Analisis dan evaluasi pemenuhan CPL melalui metoda yang sahih dan relevan, mencakup aspek: 1) keserbacakupan, 2) kedalaman, dan 3) kebermanfaatan analisis yang ditunjukkan dengan peningkatan CPL dari waktu ke waktu dalam 3 tahun terakhir |
b | Kesesuaian rencana waktu pembelajaran dengan realisasi waktu |
c | Kesesuaian kemampuan/kompetensi lulusan dengan kebutuhan kemampuan di industry/masyarakat |
d | Pelaksanaan tracer study: 1) periodik, 2) pertanyaan sesuai standar nasional, 3) Tindak lanjut jelas, 4) melibatkan seluruh alumni, 5) hasil tracer dan tindak lanjut dinformasikan ke pengampu kepentingan |
e | Fasilitas pelaksanaan pembelajaran dan penelitian kepada mahasiwa untuk meraih IPK memuaskan |
f | Fasilitas pengabdian masyarakat yang mendukung proses pembelajaran dan penelitian mahasiswa |
g | Fasilitas monitoring dan evaluasi sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu |
h | Fasilitasi mahasiswa untuk menghasilkan publikasi jurnal internasional |
i | Fasilitasi mahasiswa dalam melakukan dan mendapatkan sitasi |
j | Kemampuan/outcome mahasiswa sesuai dengan kebutuhan industry dan masyarakat |
k | UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang: 1) didukung oleh data/informasi yang relevan |
l | UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang: 2) konsisten dengan seluruh kriteria yang diuraikan sebelumnya |
m | UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang: 3) komprehensif, tepat, dan tajam untuk mengidentifikasi akar masalah di UPPS |
n | UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang: 4) hasilnya dipublikasikan kepada para pemangku kepentingan internal dan eksternal serta mudah diakses |
o | UPPS melakukan analisis SWOT yang memenuhi aspek-aspek: 1) identifikasi kekuatan, kelemahan , peluang dan ancaman secara tepat |
p | UPPS melakukan analisis SWOT yang memenuhi aspek-aspek: 2) memiliki keterkaitan dengan hasil analisis capaian kinerja |
q | UPPS melakukan analisis SWOT yang memenuhi aspek-aspek: 3) merumuskan strategi pengembangan UPPS yang berkesesuaian |
r | UPPS melakukan analisis SWOT yang memenuhi aspek-aspek: 4) menghasilkan program-program pengembangan alternatif yang tepat |
s | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 1) kapasitas UPPS |
t | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 2) kebutuhan UPPS dan PS di masa depan |
u | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 3) rencana strategis UPPS yang berlaku |
v | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 4) aspirasi dari pemangku kepentingan internal dan eksternal |
w | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 5) program yang menjamin keberlanjutan |
x | UPPS memiliki kebijakan dan upaya menjamin keberlanjutan program mencakup: 1) alokasi sumber daya |
y | UPPS memiliki kebijakan dan upaya menjamin keberlanjutan program mencakup: 2) kemampuan melaksanakan program pengembangan |
z | UPPS memiliki kebijakan dan upaya menjamin keberlanjutan program mencakup: 3) rencana penjaminan mutu yang berkelanjutan |
aa | UPPS memiliki kebijakan dan upaya menjamin keberlanjutan program mencakup: 4) keberadaan dukungan pemangku kepentingan eksternal. |
Program Magister Program Studi Teknik Geomatika (PMPSTGM)
Survei kepuasan dan Tracer Study PMPSTGM dilaksanakan pada TS 2023 – 2024.
Survei kepuasan PMPSTGM:
- Kepuasan layanan manajemen oleh seluruh pengampu kepentingan

Keterangan:
a | Pimpinan prodi transparan dalam pendistribusian pengampu mata kuliah dan pembimbing akademik sesuai kompetensi |
b | Pimpinan departemen dan prodi selalu memberikan jaminan atas penyampaian kritik, saran, dan keluhan secara bebas dan mandiri |
c | Pimpinan departemen dan prodi melakukan transparansi pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian |
d | Pimpinan departemen dan prodi melakukan transparansi pengelolaan anggaran dan sarana prasarana |
e | Pimpinan departemen selalu melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pengelolaan tridarma melalui rapat rutin /laporan kinerja periodik |
f | Pimpinan prodi selalu melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pengelolaan pendidikan (perkuliahan dan asesmen) melalui rapat rutin/laporan kinerja periodic |
g | Pimpinan departemen telah menyampaikan secara jelas tupoksi masing masing Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di bawahnya |
h | Pimpinan departemen dan prodi konsisten dan menjalankan komitmen dalam penegakan aturan/keputusan program kerja |
i | Pimpinan departemen melaksanakan pembagian tugas dosen dan tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja dan kompetensi |
j | Pimpinan departemen memberikan dukungan untuk mengikuti Studi lanjut/sertifikasi profesi/seminar/workshop/kursus terkait tupoksi dosen dan tenaga kependidikan |
k | Pimpinan departemen dan prodi memiliki dan menjalankan sistem pembinaan SDM melalui penghargaan dan sanksi sesuai kinerja |
l | Pimpinan departemen dan prodi menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta luar negeri |
m | Pimpinan departemen dan prodi menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta nasional |
n | Pimpinan departemen dan prodi aktif/memimpin organisasi di luar UGM |
o | Pimpinan departemen dan prodi selalu merencanakan kegiatan berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Induk Kampus (RIK) |
p | Pimpinan departemen dan prodi selalu melakukan koordinasi dan kerjasama dengan seluruh sivitas akademik |
q | Pimpinan departemen dan prodi selalu menempatkan SDM nya berdasarkan kompetensi/keahliannya, kinerja dan pendidikan |
r | Pimpinan departemen selalu mengarahkan dan memfasilitasi dosen untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian |
s | Pimpinan prodi selalu mengarahkan dan memfasilitasi dosen untuk melakukan kegiatan pendidikan |
t | Kerjasama program studi bermanfaat dalam pemenuhan proses tridarma |
u | Kerjasama program studi bermanfaat dalam peningkatan proses tridarma |
- Pengelolaan dan pengembangan SDM
Hasil survei pengelolaan dan pengembangan SDM sebagian besar memberikan penilaian sangat memuaskan. Meskipun tidak terdapat penilaian tidak puas, terdapat penilaian cukup puas sebesar 12% pada beberapa komponen indikator, antara lain a (jumlah dosen), k (jumlah tendik), l (kompetensi tendik), dan n (kinerja tendik). Telah dilakukan tindak lanjut dengan penambahan jumlah dan pengembangan kompetensi tendik, sehingga pada TS sudah tidak ada penilaian cukup puas untuk semua aspek pertanyaan pengelolaan SDM.
Keterangan:
a | Ketersediaan jumlah dosen di program studi |
b | Jenjang dan bidang pendidikan dosen sesuai untuk pengembangan Departemen dan prodi studi |
c | Jenjang akademik dosen sesuai untuk pengembangan Departemen dan prodi studi |
d | Kompetensi pedagogik dosen sesuai untuk melaksanakan dan mengembangkan kegiatan pembelajaran studi |
e | Kompetensi dosen melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai prioritas riset UGM studi |
f | Beban kerja dosen sesuai dengan standar |
g | Kepakaran dosen diakui tingkat nasional/internasional studi |
h | Kinerja dan prestasi dosen bidang pendidikan studi |
i | Kinerja dan prestasi dosen dalam bidang penelitian dan pengabdian studi |
j | Sistem pengembangan jenjang karier dan kompetensi dosen studi |
k | Ketersediaan jumlah tendik di departemen/prodi |
l | Kompetensi tendik sesuai untuk mendukung kegiatan tridarma |
m | Beban kerja tendik sesuai standar |
n | Kinerja tendik dalam mendukung kegiatan tridarma |
o | Sistem pengembangan jenjang karier dan kompetensi tendik |
- Layanan keuangan dan fasilitas

Keterangan:
a | Pemenuhan biaya operasional pendidikan |
b | Pemenuhan biaya penelitian dan pengabdian |
c | Realisasi investasi (SDM, sarana dan prasarana) mendukung penyelenggaraan tridharma |
d | Sarana dan prasarana tersedia cukup untuk menjamin pelaksanaan pembelajaran sesuai outcome dan meningkatkan suasana akademik |
e | Sarana dan prasarana terpelihara dan terkini sesuai dengan perkembangan industri geospasial |
f | Sarana prasarana mudah di akses untuk pelaksanaan pembelajaran, penelitian dan pengabdian |
- Layanan pendidikan

Keterangan:
a | Perumusan kurikulum melibatkan seluruh pengampu kepentingan internal (dosen, mahasiswa, tendik) dan eksternal (alumni, user, asosiasi) |
b | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) prodi sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDIKTI) serta kebutuhan industri dan masyarakat |
c | Struktur dan konten kurikulum sesuai dengan CPL |
d | Karakteristik proses pembelajaran 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
e | Semua Mata Kuliah (MK) dilengkapi dengan Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) |
f | Kedalaman dan keluasan RPKPS sesuai dengan CPL |
g | Proses pembelajaran melalui interaksi dosen, mahasiswa dan sumber belajar secara daring dan luring |
h | Proses pembelajaran dimonitor secara periodik, sesuai RPKPS dan terdokumentasi |
i | Metoda pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sesuai dengan rencana, pelaksanaan, hasil dan analisis penelitian |
j | Metoda pembelajaran sesuai dengan outcome/CPL |
k | Pelaksanaan pembelajaran diintegrasikan dengan PPkM |
l | Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran untuk mencapai CPL meliputi karakteristik, perencanaan, pelaksanaan, proses pembelajaran dan beban belajar mahasiswa |
m | Program studi memiliki mekanisme dan perangkat penilaian rencana dan pelaksanaan serta evaluasi penelitian secara konsisten untuk menemukan/mengembangkan teori atau konsepsi/gagasan ilmiah baru |
n | Rencana penelitian disajikan pada seminar terbuka prodi |
o | Hasil penelitian disajikan dalam seminar internasional |
p | Program studi memiliki instrumen penilaian novelty/kebaruan tesis dengan melibatkan penguji eksternal dari luar Program Studi |
q | Hasil penelitian tesis dipublikasikan dalam jurnal ilmiah internasional |
- Layanan penelitian
Survei kepuasan penelitian meliputi tiga hal yaitu relevansi dan PPEPP penelitian, keterlibatan mahasiswa dan hasil penelitian menjadi rujukan mahasiswa, menunjukkan sebagian besar penilaian sangat puas (81%) dan peningkatan tingkat kepuasan dari mulai TS-2 sampai TS. Hal tersebut menunjukkan evaluasi dan peningkatan mutu dilakukan sistematik dan berkelanjutan terhadap layanan penelitian oleh UPPS.
Keterangan:
a | Departemen melakukan relevansi penelitian meliputi 1) peta jalan penelitian, 2) implementasi penelitian dosen dan mahasiswa sesuai peta jalan, 3) evaluasi berkala pelaksanaan dan hasil penelitian, 4) tindak lanjut hasil evaluasi dan peningkatan mutu penelitian |
b | Mahasiswa terlibat dalam penelitian dosen |
c | Hasil penelitian dosen menjadi rujukkan penelitian mahasiwa |
- Layanan pengabdian masyarakat
Survei kepuasan penelitian meliputi lima hal yaitu relevansi dan PPEPP penelitian, keterlibatan mahasiswa dan hasil PkM menjadi rujukan mahasiswa, menunjukkan sebagian besar penilaian sangat puas (78%) dan peningkatan tingkat kepuasan dari mulai TS-2 sampai TS, kecuali untuk kriteria c terkait hasil PkM untuk memperkaya penelitian dan pembelajaran mahasiswa. Oleh karena itu, mulai tahun ini dipastikan bahwa kegiatan PkM melibatkan dan digunakan untuk kegiatan pengayaan pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan evaluasi dan peningkatan mutu dilakukan sistematik dan berkelanjutan terhadap layanan penelitian oleh UPPS.
Keterangan:
a | Departemen melakukan relevansi pengabdian meliputi 1) peta jalan pengabdian, 2) implementasi peengabdian dosen dan mahasiswa sesuai peta jalan, 3) evaluasi berkala pelaksanaan dan hasil pengabdian, 4) tindak lanjut hasil evaluasi dan peninkatan mutu pengabdian |
b | Dosen melibatkan mahasiwa dalam melaksanakan pengabdian |
c | Hasil pengabdian dosen memperkaya pembelajaran dan penelitian mahasiwa |
d | Pengabdian masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat |
e | Pengabdian masyarakat memberikan dampak positif peningkatan masyarakat |
- Kepuasan kinerja lulusan
Keterangan:
a | Analisis dan evaluasi pemenuhan CPL melalui metoda yang sahih dan relevan, mencakup aspek: 1) keserbacakupan, 2) kedalaman, dan 3) kebermanfaatan analisis yang ditunjukkan dengan peningkatan CPL dari waktu ke waktu dalam 3 tahun terakhir |
b | Kesesuaian rencana waktu pembelajaran dengan realisasi waktu |
c | Kesesuaian kemampuan/kompetensi lulusan dengan kebutuhan kemampuan di industry/masyarakat |
d | Pelaksanaan tracer study: 1) periodik, 2) pertanyaan sesuai standar nasional, 3) Tindak lanjut jelas, 4) melibatkan seluruh alumni, 5) hasil tracer dan tindak lanjut dinformasikan ke pengampu kepentingan |
e | Fasilitas pelaksanaan pembelajaran dan penelitian kepada mahasiwa untuk meraih IPK memuaskan |
f | Fasilitas pengabdian masyarakat yang mendukung proses pembelajaran dan penelitian mahasiswa |
g | Fasilitas monitoring dan evaluasi sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu |
h | Fasilitasi mahasiswa untuk menghasilkan publikasi jurnal internasional |
i | Fasilitasi mahasiswa dalam melakukan dan mendapatkan sitasi |
j | Kemampuan/outcome mahasiswa sesuai dengan kebutuhan industry dan masyarakat |
k | UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang: 1) didukung oleh data/informasi yang relevan |
l | UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang: 2) konsisten dengan seluruh kriteria yang diuraikan sebelumnya |
m | UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang: 3) komprehensif, tepat, dan tajam untuk mengidentifikasi akar masalah di UPPS |
n | UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang: 4) hasilnya dipublikasikan kepada para pemangku kepentingan internal dan eksternal serta mudah diakses |
o | UPPS melakukan analisis SWOT yang memenuhi aspek-aspek: 1) identifikasi kekuatan, kelemahan , peluang dan ancaman secara tepat |
p | UPPS melakukan analisis SWOT yang memenuhi aspek-aspek: 2) memiliki keterkaitan dengan hasil analisis capaian kinerja |
q | UPPS melakukan analisis SWOT yang memenuhi aspek-aspek: 3) merumuskan strategi pengembangan UPPS yang berkesesuaian |
r | UPPS melakukan analisis SWOT yang memenuhi aspek-aspek: 4) menghasilkan program-program pengembangan alternatif yang tepat |
s | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 1) kapasitas UPPS |
t | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 2) kebutuhan UPPS dan PS di masa depan |
u | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 3) rencana strategis UPPS yang berlaku |
v | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 4) aspirasi dari pemangku kepentingan internal dan eksternal |
w | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 5) program yang menjamin keberlanjutan |
x | UPPS memiliki kebijakan dan upaya menjamin keberlanjutan program mencakup: 1) alokasi sumber daya |
y | UPPS memiliki kebijakan dan upaya menjamin keberlanjutan program mencakup: 2) kemampuan melaksanakan program pengembangan |
z | UPPS memiliki kebijakan dan upaya menjamin keberlanjutan program mencakup: 3) rencana penjaminan mutu yang berkelanjutan |
aa | UPPS memiliki kebijakan dan upaya menjamin keberlanjutan program mencakup: 4) keberadaan dukungan pemangku kepentingan eksternal. |
Tracer Study PMPSTGM: 
a Kesesuaian bidang studi
b Sertifikasi profesi
c Prestasi akademik (transkrip)
d Keterampilan praktis yang diperoleh semasa kuliah
e Keterampilan praktis yang diperoleh di luar bangku kuliah
f Reputasi almamater
g Pengalaman belajar/Tingkat LN
h Kemampuan berbahasa asing
i Keterampilan komputer
j Rekomendasi orang lain
k Kemampuan komunikasi secara lisan dan tulis
l Kejujuran dan kesopanan
a Kemampuan Bahasa Inggris
b Kemampuan bahasa asing lainnya
c Kemampuan hubungan interpersonal
d Kemampuan memimpin/manajerial
e Kemampuan kewirausahaan
f Penguasaan teknologi informasi dan komputer
a Pengetahuan umum
b Kemampuan bahasa Inggris
c Kemampuan bahasa asing lainnya
d Penguasaan teori sesuai dengan bidang studi
e Kemampuan praktis sesuai dengan bidang studi
f Pengetahuan di luar bidang studi
g Pengetahuan isu terkini sesuai bidang studi di negara lain
h Kemampuan metodologi penelitian
i Kesiapan bekerja
j Kemampuan hubungan interpersonal
k Penguasaan teknologi dan informasi
l Kemampuan manajerial
m Kemampuan bekerja dalam tim
n Kemampuan bekerja mandiri
o Kemampuan negosiasi
p Kreativitas
q Kemampuan komunikasi verbal
r Kemampuan pengembangan komunitas
s Kepemimpinan
t Kemampuan pemecahan masalah
u Kemampuan bekerja di bawah tekanan
a Pengetahuan umum
b Kemampuan bahasa Inggris
c Kemampuan bahasa asing lainnya
d Penguasaan teori sesuai dengan bidang studi
e Kemampuan praktis sesuai dengan bidang studi
f Pengetahuan di luar bidang studi
g Pengetahuan isu terkini sesuai bidang studi di negara lain
h Kemampuan metodologi penelitian
i Kesiapan bekerja
j Kemampuan hubungan interpersonal
k Penguasaan teknologi dan informasi
l Kemampuan manajerial
m Kemampuan bekerja dalam tim
n Kemampuan bekerja mandiri
o Kemampuan negosiasi
p Kreativitas
q Kemampuan komunikasi verbal
r Kemampuan pengembangan komunitas
s Kepemimpinan
t Kemampuan pemecahan masalah
u Kemampuan bekerja di bawah tekanan
Program Doktor Program Studi Teknik Geomatika (PDPSTGM)
Survei kepuasan dan Tracer Study PDPSTGM dilaksanakan pada TS 2023 – 2024.
Survei kepuasan PDPSTGM:
- Kepuasan layanan manajemen oleh seluruh pengampu kepentingan

Keterangan:
a | Pimpinan prodi transparan dalam pendistribusian pengampu mata kuliah dan pembimbing akademik sesuai kompetensi |
b | Pimpinan departemen dan prodi selalu memberikan jaminan atas penyampaian kritik, saran, dan keluhan secara bebas dan mandiri |
c | Pimpinan departemen dan prodi melakukan transparansi pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian |
d | Pimpinan departemen dan prodi melakukan transparansi pengelolaan anggaran dan sarana prasarana |
e | Pimpinan departemen selalu melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pengelolaan tridarma melalui rapat rutin /laporan kinerja periodik |
f | Pimpinan prodi selalu melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pengelolaan pendidikan (perkuliahan dan asesmen) melalui rapat rutin/laporan kinerja periodic |
g | Pimpinan departemen telah menyampaikan secara jelas tupoksi masing masing Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di bawahnya |
h | Pimpinan departemen dan prodi konsisten dan menjalankan komitmen dalam penegakan aturan/keputusan program kerja |
i | Pimpinan departemen melaksanakan pembagian tugas dosen dan tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja dan kompetensi |
j | Pimpinan departemen memberikan dukungan untuk mengikuti Studi lanjut/sertifikasi profesi/seminar/workshop/kursus terkait tupoksi dosen dan tenaga kependidikan |
k | Pimpinan departemen dan prodi memiliki dan menjalankan sistem pembinaan SDM melalui penghargaan dan sanksi sesuai kinerja |
l | Pimpinan departemen dan prodi menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta luar negeri |
m | Pimpinan departemen dan prodi menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta nasional |
n | Pimpinan departemen dan prodi aktif/memimpin organisasi di luar UGM |
o | Pimpinan departemen dan prodi selalu merencanakan kegiatan berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Induk Kampus (RIK) |
p | Pimpinan departemen dan prodi selalu melakukan koordinasi dan kerjasama dengan seluruh sivitas akademik |
q | Pimpinan departemen dan prodi selalu menempatkan SDM nya berdasarkan kompetensi/keahliannya, kinerja dan pendidikan |
r | Pimpinan departemen selalu mengarahkan dan memfasilitasi dosen untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian |
s | Pimpinan prodi selalu mengarahkan dan memfasilitasi dosen untuk melakukan kegiatan pendidikan |
t | Kerjasama program studi bermanfaat dalam pemenuhan proses tridarma |
u | Kerjasama program studi bermanfaat dalam peningkatan proses tridarma |
- Pengelolaan dan pengembangan SDM
Hasil survei pengelolaan dan pengembangan SDM sebagian besar memberikan penilaian sangat memuaskan. Meskipun tidak terdapat penilaian tidak puas, terdapat penilaian cukup puas pada rentang 5-23% pada beberapa komponen indikator, antara lain a (jumlah dosen), k (jumlah tendik), l (kompetensi tendik), m (beban kerja tendik), dan n (kinerja tendik). Telah dilakukan tindak lanjut penambahan jumlah dan pengembangan kompetensi tendik, sehingga pada TS sebagian besar sudah tidak ada penilaian cukup puas untuk semua aspek pertanyaan pengelolaan SDM.
Keterangan:
a | Ketersediaan jumlah dosen di program studi |
b | Jenjang dan bidang pendidikan dosen sesuai untuk pengembangan Departemen dan prodi studi |
c | Jenjang akademik dosen sesuai untuk pengembangan Departemen dan prodi studi |
d | Kompetensi pedagogik dosen sesuai untuk melaksanakan dan mengembangkan kegiatan pembelajaran studi |
e | Kompetensi dosen melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai prioritas riset UGM studi |
f | Beban kerja dosen sesuai dengan standar |
g | Kepakaran dosen diakui tingkat nasional/internasional studi |
h | Kinerja dan prestasi dosen bidang pendidikan studi |
i | Kinerja dan prestasi dosen dalam bidang penelitian dan pengabdian studi |
j | Sistem pengembangan jenjang karier dan kompetensi dosen studi |
k | Ketersediaan jumlah tendik di departemen/prodi |
l | Kompetensi tendik sesuai untuk mendukung kegiatan tridarma |
m | Beban kerja tendik sesuai standar |
n | Kinerja tendik dalam mendukung kegiatan tridarma |
o | Sistem pengembangan jenjang karier dan kompetensi tendik |
- Layanan keuangan dan fasilitas

Keterangan:
a | Pemenuhan biaya operasional pendidikan |
b | Pemenuhan biaya penelitian dan pengabdian |
c | Realisasi investasi (SDM, sarana dan prasarana) mendukung penyelenggaraan tridharma |
d | Sarana dan prasarana tersedia cukup untuk menjamin pelaksanaan pembelajaran sesuai outcome dan meningkatkan suasana akademik |
e | Sarana dan prasarana terpelihara dan terkini sesuai dengan perkembangan industri geospasial |
f | Sarana prasarana mudah di akses untuk pelaksanaan pembelajaran, penelitian dan pengabdian |
- Layanan pendidikan

Keterangan:
a | Perumusan kurikulum melibatkan seluruh pengampu kepentingan internal (dosen, mahasiswa, tendik) dan eksternal (alumni, user, asosiasi) |
b | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) prodi sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDIKTI) serta kebutuhan industri dan masyarakat |
c | Struktur dan konten kurikulum sesuai dengan CPL |
d | Karakteristik proses pembelajaran 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
e | Semua Mata Kuliah (MK) dilengkapi dengan Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) |
f | Kedalaman dan keluasan RPKPS sesuai dengan CPL |
g | Proses pembelajaran melalui interaksi dosen, mahasiswa dan sumber belajar secara daring dan luring |
h | Proses pembelajaran dimonitor secara periodik, sesuai RPKPS dan terdokumentasi |
i | Metoda pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sesuai dengan rencana, pelaksanaan, hasil dan analisis penelitian |
j | Metoda pembelajaran sesuai dengan outcome/CPL |
k | Pelaksanaan pembelajaran diintegrasikan dengan PPkM |
l | Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran untuk mencapai CPL meliputi karakteristik, perencanaan, pelaksanaan, proses pembelajaran dan beban belajar mahasiswa |
m | Program studi memiliki mekanisme dan perangkat penilaian rencana dan pelaksanaan serta evaluasi penelitian secara konsisten untuk menemukan/mengembangkan teori atau konsepsi/gagasan ilmiah baru |
n | Rencana penelitian disajikan pada seminar terbuka prodi |
o | Hasil penelitian disajikan dalam seminar internasional |
p | Program studi memiliki instrumen penilaian novelty/kebaruan disertasi dengan melibatkan penguji eksternal dari luar Program Studi |
q | Hasil penelitian disertasi dipublikasikan dalam jurnal ilmiah internasional |
- Layanan penelitian
Survei kepuasan penelitian meliputi tiga hal yaitu relevansi dan PPEPP penelitian, keterlibatan mahasiswa, dan hasil penelitian menjadi rujukan mahasiswa. Hasil survei menunjukkan sebagian besar penilaian sangat puas (73%) dan peningkatan tingkat kepuasan dari mulai TS-2 hingga TS. Hal tersebut menunjukkan evaluasi dan peningkatan mutu dilakukan sistematik dan berkelanjutan dalam pelayan penelitian oleh UPPS.
Keterangan:
a | Departemen melakukan relevansi penelitian meliputi 1) peta jalan penelitian, 2) implementasi penelitian dosen dan mahasiswa sesuai peta jalan, 3) evaluasi berkala pelaksanaan dan hasil penelitian, 4) tindak lanjut hasil evaluasi dan peningkatan mutu penelitian |
b | Mahasiswa terlibat dalam penelitian dosen |
c | Hasil penelitian dosen menjadi rujukkan penelitian mahasiwa |
- Layanan pengabdian masyarakat
Survei kepuasan ini terkait pengelolaan keuangan dalam memenuhi kebutuhan operasional tridarma PTdan kebutuhan dan ketersediaan sistem pendukungnya. Hasil survei menunjukkan rata-rata sebesar 80% yang berarti penilaian sangat puas. Terdapat penilaian cukup puas pada komponen e pada TS-2 sebesar 4% dan TS-1 sebesar 3% yaitu tentang PkM memberikan dampak positif peningkatan masyarakat. Setelah dilakukan perencanaan keuangan berdasarkan pada masukan kebutuhan KBK/laboratorium dan pengampu kepentingan internal, maka pada TS menunjukkan peningkatan penilaian sangat puas dan puas.
Keterangan:
a | Departemen melakukan relevansi pengabdian meliputi 1) peta jalan pengabdian, 2) implementasi peengabdian dosen dan mahasiswa sesuai peta jalan, 3) evaluasi berkala pelaksanaan dan hasil pengabdian, 4) tindak lanjut hasil evaluasi dan peninkatan mutu pengabdian |
b | Dosen melibatkan mahasiwa dalam melaksanakan pengabdian |
c | Hasil pengabdian dosen memperkaya pembelajaran dan penelitian mahasiwa |
d | Pengabdian masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat |
e | Pengabdian masyarakat memberikan dampak positif peningkatan masyarakat |
- Kepuasan kinerja lulusan

Keterangan:
a | Analisis dan evaluasi pemenuhan CPL melalui metoda yang sahih dan relevan, mencakup aspek: 1) keserbacakupan, 2) kedalaman, dan 3) kebermanfaatan analisis yang ditunjukkan dengan peningkatan CPL dari waktu ke waktu dalam 3 tahun terakhir |
b | Kesesuaian rencana waktu pembelajaran dengan realisasi waktu |
c | Kesesuaian kemampuan/kompetensi lulusan dengan kebutuhan kemampuan di industry/masyarakat |
d | Pelaksanaan tracer study: 1) periodik, 2) pertanyaan sesuai standar nasional, 3) Tindak lanjut jelas, 4) melibatkan seluruh alumni, 5) hasil tracer dan tindak lanjut dinformasikan ke pengampu kepentingan |
e | Fasilitas pelaksanaan pembelajaran dan penelitian kepada mahasiwa untuk meraih IPK memuaskan |
f | Fasilitas pengabdian masyarakat yang mendukung proses pembelajaran dan penelitian mahasiswa |
g | Fasilitas monitoring dan evaluasi sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu |
h | Fasilitasi mahasiswa untuk menghasilkan publikasi jurnal internasional |
i | Fasilitasi mahasiswa dalam melakukan dan mendapatkan sitasi |
j | Kemampuan/outcome mahasiswa sesuai dengan kebutuhan industry dan masyarakat |
k | UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang: 1) didukung oleh data/informasi yang relevan |
l | UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang: 2) konsisten dengan seluruh kriteria yang diuraikan sebelumnya |
m | UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang: 3) komprehensif, tepat, dan tajam untuk mengidentifikasi akar masalah di UPPS |
n | UPPS telah melakukan analisis capaian kinerja yang: 4) hasilnya dipublikasikan kepada para pemangku kepentingan internal dan eksternal serta mudah diakses |
o | UPPS melakukan analisis SWOT yang memenuhi aspek-aspek: 1) identifikasi kekuatan, kelemahan , peluang dan ancaman secara tepat |
p | UPPS melakukan analisis SWOT yang memenuhi aspek-aspek: 2) memiliki keterkaitan dengan hasil analisis capaian kinerja |
q | UPPS melakukan analisis SWOT yang memenuhi aspek-aspek: 3) merumuskan strategi pengembangan UPPS yang berkesesuaian |
r | UPPS melakukan analisis SWOT yang memenuhi aspek-aspek: 4) menghasilkan program-program pengembangan alternatif yang tepat |
s | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 1) kapasitas UPPS |
t | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 2) kebutuhan UPPS dan PS di masa depan |
u | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 3) rencana strategis UPPS yang berlaku |
v | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 4) aspirasi dari pemangku kepentingan internal dan eksternal |
w | Prioritas pengembangan hasil SWOT mempertimbangkan secara komprehensif: 5) program yang menjamin keberlanjutan |
x | UPPS memiliki kebijakan dan upaya menjamin keberlanjutan program mencakup: 1) alokasi sumber daya |
y | UPPS memiliki kebijakan dan upaya menjamin keberlanjutan program mencakup: 2) kemampuan melaksanakan program pengembangan |
z | UPPS memiliki kebijakan dan upaya menjamin keberlanjutan program mencakup: 3) rencana penjaminan mutu yang berkelanjutan |
aa | UPPS memiliki kebijakan dan upaya menjamin keberlanjutan program mencakup: 4) keberadaan dukungan pemangku kepentingan eksternal. |
Tracer Study PDPSTGM:

a Kesesuaian bidang studi
b Sertifikasi profesi
c Prestasi akademik (transkrip)
d Keterampilan praktis yang diperoleh semasa kuliah
e Keterampilan praktis yang diperoleh di luar bangku kuliah
f Reputasi almamater
g Pengalaman belajar/Tingkat LN
h Kemampuan berbahasa asing
i Keterampilan komputer
j Rekomendasi orang lain
k Kemampuan komunikasi secara lisan dan tulis
l Kejujuran dan kesopanan

a Kemampuan Bahasa Inggris
b Kemampuan bahasa asing lainnya
c Kemampuan hubungan interpersonal
d Kemampuan memimpin/manajerial
e Kemampuan kewirausahaan
f Penguasaan teknologi informasi dan komputer

a Pengetahuan umum
b Kemampuan bahasa Inggris
c Kemampuan bahasa asing lainnya
d Penguasaan teori sesuai dengan bidang studi
e Kemampuan praktis sesuai dengan bidang studi
f Pengetahuan di luar bidang studi
g Pengetahuan isu terkini sesuai bidang studi di negara lain
h Kemampuan metodologi penelitian
i Kesiapan bekerja
j Kemampuan hubungan interpersonal
k Penguasaan teknologi dan informasi
l Kemampuan manajerial
m Kemampuan bekerja dalam tim
n Kemampuan bekerja mandiri
o Kemampuan negosiasi
p Kreativitas
q Kemampuan komunikasi verbal
r Kemampuan pengembangan komunitas
s Kepemimpinan
t Kemampuan pemecahan masalah
u Kemampuan bekerja di bawah tekanan

a Pengetahuan umum
b Kemampuan bahasa Inggris
c Kemampuan bahasa asing lainnya
d Penguasaan teori sesuai dengan bidang studi
e Kemampuan praktis sesuai dengan bidang studi
f Pengetahuan di luar bidang studi
g Pengetahuan isu terkini sesuai bidang studi di negara lain
h Kemampuan metodologi penelitian
i Kesiapan bekerja
j Kemampuan hubungan interpersonal
k Penguasaan teknologi dan informasi
l Kemampuan manajerial
m Kemampuan bekerja dalam tim
n Kemampuan bekerja mandiri
o Kemampuan negosiasi
p Kreativitas
q Kemampuan komunikasi verbal
r Kemampuan pengembangan komunitas
s Kepemimpinan
t Kemampuan pemecahan masalah
u Kemampuan bekerja di bawah tekanan